Banjaranyar Canangkan Kampung KB “Sakinah”

Rabu, 09 November 2016 | 2189 Kali
Banjaranyar Canangkan Kampung KB “Sakinah”

 

Balai Penyuluhan KB Sokaraja - Pemerintah Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja bekerjasama dengan Balai Penyuluhan KB Kecamatan Sokaraja mengadakan acara pencanangan Kampung KB tingkat Desa Banjaranyar. Acara yang digelar di aula Balaidesa Banjaranyar, Rabu, (8/11) ini menandai terbentuknya kampung KB di Desa Banjaranyar yang diberi nama Kampung KB Sakinah. Pencanangan ini dihadiri oleh Camat Sokaraja, perwakilan Bapermaspkb dan juga warga masyarakat Desa Banjaranyar.

Dra Farida Ismiatun selaku ketua penyelenggara menyampaikan bahwa acara ini merupakan awal dari semua kegiatan yang akan dilaksanakan di dalam kampung KB. Kegiatan - kegiatan yang semuanya bertujuan untuk memasyarakatkan kembali program KB ini nantinya akan melibatkan masyarakat dan sektor lain sehingga akan menjadi kegiatan lintas sektoral yang terpadu. "program KB di masa lalu sangat memasyarakat dan semua sektor yang berhubungan dengan publik selalu menyisipkan pesan program KB dalam setiap kegiatannya, maka dengan adanya kampung KB ini kita berharap keadaan seperti itu dapat hadir kembali" ujarnya.

Camat Sokaraja, Drs. Purjito, dalam sambutan pembukaannya berharap agar pencanangan Kampung KB ini jangan hanya menjadi ajang seremonial yang kemudian hilang beritanya setelah acara selesai. "Selama ini kita sering membuat acara seremonial yang tidak jelas muaranya, yang penting ramai dan semarak, tapi tujuan pokok dari acara itu apa sering tidak terpikirkan" ujarnya

"Program program pemberdayaan masyarakat di kampung KB harusnya menjadi pemicu dan contoh bagi RW - RW lain yang bukan kampung KB, sehingga adanya kampung KB ini benar benar ada manfaatnya bagi masyarakat" tambah Purjito.

Warga masyarakat Desa Banjaranyar juga terlihat antusias dalam mengikuti acara ini. mereka hadir dengan membawa semangat baru akan suksesnya program KB di Desa Banjaranyar. "Acara ini mengingatkan saya akan perjuangan almarhumah ibu saya yang menjadi kader KB di tahun sembilan puluhan, beliau begitu semangat mengkampanyekan program KB dan tidak pernah bosan mengajak para tetangga untuk ikut KB" ujar Kartini, salah satu warga yang hadir dan rumahnya berada di lokasi Kampung KB Sakinah.

Acara pencanangan di akhiri dengan tausiyah dan doa bersama oleh KH Sukirman selaku tokoh agama Desa Banjaranyar. Dalam tausiyahnya, Sukirman mengajak seluruh warga masyarakat banjaranyar untuk ikhlas dan meniatkan semua kegiatan dalam mensukseskan program KB ini sebagai ibadah. "Adanya Kampung KB Sakinah ini semoga menjadi wasilah untuk mensejahterakan warga masyarakat Banjaranyar" tambahnya.

Related Posts

Font
Senin, 30 Januari 2017

Komentar