Gelorakan Program KB, BapermasPKB Adakan Studi Komparasi ke Boyolali

Selasa, 29 November 2016 | 1745 Kali
Gelorakan Program KB, BapermasPKB Adakan Studi Komparasi ke Boyolali

Sebagai upaya peningkatan kapasitas dan wawasan dalam menggelorakan program KB dimasyarakat, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (Bapermaspkb) Kabupaten Banyumas, Jumat (25/11), melakukan visitasi studi komparasi ke Desa Jombong Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Bapermaspkb membawa 38 peserta yang terdiri dari Sekertaris Badan, Kabid KB-KS, Kasubid, Tim Efektif Menggelorakan Kampung KB, PLKB Teladan dan Pengurus FK IMP Kabupaten Banyumas.

Drs. Agus Miftah, Sekertaris Bapermaspkb Kabupaten banyumas, dalam arahannya sebelum keberangkatan mengharapkan agar peserta visitasi studi komparasi dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini. Segala yang kiranya baik dan bermanfaat dapat dibawa kembali ke Banyumas untuk memajukan program KB kedepan. Desa Jombong dipilih sebagai lokasi  visitasi studi komparasi karena merupakan juara 1 Nasional Lomba Kesatuan Gerak PKK Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB Kes).

“Jadikan acara visitasi ini sebagai sarana untuk memperluas wawasan dan memperoleh gagasan gagasan baru dalam upaya memajukan program KB dan mensejahterakan masyarakat” tambah Agus

Rombongan diterima oleh Kepala BP3AKB Kabupaten Boyolali, Kepala Desa, Perangkat Desa, Ketua TPP PKK, Ketua dan Kader Poktan serta masyarakat Desa Jombong Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali. Kabid KB-KS Bapermaspkb Kabupaten Banyumas, Slamet Hartono, SH, selaku ketua rombongan dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan ini berangkat dari keinginan untuk memajukan kegiatan PKK di Kabupaten Banyumas terutama kaitannya dengan program KKBPK. “Tujuan kita ke sini adalah untuk belajar kepada Desa Jombong bagaimana mengelola PKK dan memasyarakatkan program KB agar bisa diterapkan di Banyumas” ujar Slamet.

Kepala Desa Jombong, Suwarno, menyambut baik maksud dan tujuan rombongan visitasi dari Banyumas dan mempersilahkan rombongan untuk melihat dan menanyakan langsung kepada pengurus PKK dan kader PKK mengenai bagaimana program PKK dan KB berjalan di Desa Jombong secara baik. “Sebagai Kepala Desa saya rasa faktor utama keberhasilan PKK Desa Jombong adalah lebih pada kegotong royongan warga masyarakatnya disamping kemauan dan kebulatan tekad untuk maju dari para pengurusnya” terang Suwarno

Setelah acara penyambutan peserta diberi kesempatan untuk melihat langsung administrasi dan dokumentasi kegiatan PKK Desa Jombong dengan didampingi oleh Ketua TP PKK beserta pengurus dan kadernya. Sebagai tindak lanjut dari acara visitasi, peserta diminta untuk merangkum dan melaporkan hal hal yang menginspirasi dan bisa diterapkan di Banyumas.

Related Posts

Font
Senin, 14 November 2016

Komentar