Rafting Sungai Elo Magelang - Ngejeep di Merapi Jogja

Sabtu, 31 Desember 2016 | 3800 Kali
Rafting Sungai Elo Magelang - Ngejeep di Merapi Jogja

Magelang, 26 November 2016

 

Bapermas PKB Kab Banyumas berwisata yang menyenangkan dan kekeluargaan, yakni  berwisata alam Arung Jeram Sungai Elo. Sungai Elo terletak di Kabupaten Magelang yang beralamat lengkap di desa Pare, Blondo kelurahan Mungkid, Jawa Tengah. Dan sangat dekat dengan objek wisata Candi Borobudur Magelang, Sungai Elo berhulu ke Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran, sehingga tidak dipengaruhi oleh aliran material vulkanik dari Gunung Merapi.

 Berwisata alam mengarungi  sungai elo menikmati petualangan sungai sepanjang  +/-12 km dengan waktu tempuh 2-3 jam. bersama River Guide yang berpengalaman. Sungai elo memiliki variasi jeram grade I sampai III+,  jeram dengan grade rendah seperti ini sangat ideal untuk wisata alam keluarga. Tidak harus bisa berenang untuk bisa menikmati paket arung jeram sungai elo ini, karena sudah disiapkan perlengkapan arung jeram standar internasional yang wajib dipakai saat pengarungan. Sungai elo adalah salah satu sungai yang sangat ideal untuk berwisata arung jeram di kawasan lembah pegunungan, karena karakter aliran dan banjir yang relatif stabil dan relatif aman untuk diarungi baik di musim kemarau atau musim hujan.  

Sesuatu yang khas di tengah perjalanan rafting, kita istirahat menepi sungai dengan menikmati hidangan istimewa khas Es Kelapa Muda, dan makanan ringan ndeso. Betul betul  : LUAR BIASA. (d14t)

Yogyakarta, 27 November 2016

Saatnya Tim PLKB Kab Banyumas beracara akhir tahun dengan wisata ‘Uji Nyali’ berama  Wisata Jeep Merapi  Lava Tour merupakan wisata petualangan yang paling menarik saat ini di Jogja.  Tour dengan Jeep sangat cocok untuk kegiatan wisata bagi keluarga besar BAPERMAS PKB Kab Banyumas untuk refresing.  Rute Lava Tour Merapi sangat menarik yaitu mengunjungi pedesaan yang terkena erupsi merapi tahun 2010, misalnya desa Petung,  desa Jambu, desa Tangkisan. Selain pedesaan juga singgah di Museum Sisa harta yang meupakan yang berada dibekas Dusun Petung. Salah satu dusun yang sudah dikosongkan dan warga dusun sini sudah direlokasi dibikinkan kampung baru. Kita bisa melihat dari benda benda yang berada disini bukti dari dahsyatnya awan panas atau lebih dikenal dengan  sebutan 'Wedus Gembel' Erupsi Merapi 2010.  

Selanjutnya, rute yang dikunjungi adalah Batu ALIEN di desa Jambu yaitu sebuah batu besar yang terdampar di bekas Dusun Jambu. Batu besar ini berada disisi erupsi merapi 2010 sudah dalam keadaan seperti  ini asli tidak dipahat/diukir tapi kebetulan mirip dengan wajah manusia dan diberi nama batu wajah atau batu alien. 

Kunjungan berikut  setelah Batu Alien adalah Bunker Kaliadem Merapi, merupakan sebuah ruang lindung darurat untuk berlindung dari bahaya awan panas atau 'Wedus Gembel. Bangker ini yang pada erupsi merapi 2006 ada dua relawan yang masuk berlindung disini tapi tidak selamat. Kaliadem adalah salah satu dusun yang pada Erupsi 2010 kemarin rata tertimbun material lahar panas luapan dari Kali Gendol (kali atau sungai yang dilewati jalur utama lahar Merapi 2010) .

Dan yang paling seru dan paling diminati Merapi lava Tour adalah berkendara menerjang  air di kali Kuning.  PLKB berbasah basahan di kali Kuning dengan mengendarai jeep Willys. (d14t)

 

Related Posts

Font
Senin, 14 November 2016
Font
Senin, 14 November 2016

Komentar