Pembinaan PNS DPPKBP3A

Senin, 30 Januari 2017 | 7969 Kali
Pembinaan PNS DPPKBP3A

Bupati : PLKB bisa dapat Reward !

PEMBINAAN PNS DPPKBP3A

Sebagai dinas baru (sebelumnya Badan Pemberdayaan Masyarakat, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak / Bapermas PKB PP PA ) sekarang, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana , Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak / DPPKBP3A menghadapi tantangan dan tugas semakin berat. Yang masing masing bidang memiliki program yang harus ditata, dilaksanakan dan bersinergi dengan bidang lain.

Pembinaan PNS pada DPPKBP3A telah dilaksanakan pada hari Rabu 18 Januari 2017 bertempat di Gedung KBIH ‘AR AROFAT’ Purwokerto. Hadir pada acara tersebut Bapak Bupati Banyumas Ir. Ahmad Husein, didampingi Kepala Dinas Drs.H. Taifur Arofat, M.Pd dan Sekdin Drs. H. Agus Miftah, memberi pembinaan langsung kepada para PLKB Kabupaten Banyumas sejumlah 162 petugas serta pejabat struktural. Bupati dalam sambutannya menegaskan : “ PLKB merupakan tugas mulia yang harus tetap semangat. Sebagai petugas fungsional yang rencananya menjadi Petugas / Pegawai Pusat yang keinginannya meningkat kesejahteraannya.” Mengingat akan tugas PLKB yang berat, maka Bupati mengusulkan agar PLKB bisa dapat reward / bebungah.

PROGRAM UNGGULAN 2017

Sebagai bidang yang sangat berperan yakni Bidang Pengendalian Penduduk, Advokasi dan KIE, maka Kabid Drs. Slamet Hartono memaparkan program program yang sudah berjalan juga program unggulan. Yakni 1.Mini Lokakarya Kampung KB, 2.Lomba Kampung KB Tingkat Kecamatan, 3.Promosi Program KB ( website, buletin, siaran radio, baliho, spanduk, brosur, laeflet, mupen, seni, dll ), 4.Optimalisasi Ormas Peduli KB, 5.Pemetaan wilayah ( APP Devinfo & Map Info) INFO), dan 6.R/R Berbasis IT.

PROGRAM KELUARGA BERENCANA

Pelaksanaan  program yang akan dilalui selama tahun 2017 untuk mensukseskan Keluarga Berencana, meliputi : 1. Penyediaan Pelayanan KB dan Alat Kontrasepsi bagi Keluarga Miskin, 2.Pelayanan KIE, 3.Peningkatan Perlindungan Hak Reproduksi Individu, 4.Promosi Pelayanan KHIBA, 5.Pembinaan Keluarga Berencana, dan 6.Pengadaan sarana mobilitas tim KB keliling.

Sedangkan program pelayanan Kontrasepsi meliputi : a.Pelayanan konseling KB, b.Pelayanan pemasangan kontrasepsi KB, c.Pengadaan alat kontrasepsi, d.Pelayanan KB Medis Operasi.

Juga program pembinaan peran serta masyarakat dalam pelayanan KB/KR yang mandiri. Dan  Fasilitasi pembentukan kelompok masyarakat peduli KB.

Melalui penyuluhan program promosi kesehatan ibu bayi dan anak pada kelompok kegiatan di masyarakat.

PELAYANAN KB GRATIS

Lanjut Kabid Keluarga Berancana K3, Dra. Diah Pancasila, dalam paparannya menyampaikan  : “ Masyarakat dapat memperoleh pelayanan KB secara Gratis baik di Fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun swasta”.

Pelayanan gratis di faskes swasta  : 1.PKU Muhammadiyah Tambak, 2.RS Medika Lestari Kemranjen, 3.Klinik dr. Galuh Sokaraja, 4.RS Wiradadi Husada Sokaraja, 5.RS Dadi Keluarga Purwokerto, 6.RS Ananda Purwokerto, 7.RS Islam Purwokerto, 8.Klinik Hakasari Cilongok, 9.RS Ani’mah Wangon.

Bu Diah, yang akrab dengan PLKB. Optimis tahun 2017 lebih baik dari tahun lalu, selain dukungan PLKB baru (mantan sekdes) yang semakin nyata bersinergi dengan para PLKB senior. Juga dukungan sarana prasarana : Alat kontrasepsi yang mencukupi, Faskes Pemerintah (Puskesmas, RS Pemerintah, BKMIA Kartini), Faskes swasta dengan perjanjian kerja sama,   Faskes swasta yang lain yang melayani calon akseptor dengan profesional, juga didukung fasilitas Mobil box pengangkut alkont, Mobil penerangan, Mobil pelayanan, dan Mobil jemput antar akseptor.

Direncanakan terdapat momen penting pada bulan Januari, Februaridan Maret pada kegiatan : Baksos Muslimat NU dan Hari Jadi Banyumas. Juga pada acara Milad ‘Aisyiyah Muhammadiyah dan Harganas ketika bulan April – Juni. Juga acara Baksos Bhayangkara dan Harganas pada bulan Juli – September. Serta pada bulan Oktober – Desember 2017 dilaksanakan kegiatan TNI Manunggal KB – KK.

KEGIATAN BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN

Bagi masyakat Banyumas nama Titi Cahyani, SH,MM sebagai pejabat baru Kabid Pemeberdayaan Perempuan, tidaklah asing. Karena pernah menjadi Kordinator PLKB di Kecamatan Banyumas. Dalam programnya di tahun 2017 ini meliputi : 1.Sosialisai dan advokasi kebijakan perlindungan tenaga kerja Perempuan, 2.Pelaksanaan kebijakan perlindungan perempuan di daerah, 3.Sosialiasasi sistem pencatatan dan pelaporan KDRT, 4. Fasilitasi upaya perlindungan perempuan terhadap tindak kekerasan, 5.Penyelenggaraan Gerakan sayang ibu dan PP ASI, Pengadaan nutrisi ibu hamil resti, 6.Pembinaan organisasi perempuan, 7.Advokasi dan Fasilitasi PUG bagi perempuan.

KEGIATAN BIDANG PERLINGUNGAN ANAK

Sebagai Kabupaten ‘Layak Anak’ istilah Andang Teruna, SH, Kabid Pelindungan Anak, selain anak anak Indonesia khususnya di Banyumas harus terlindungi juga harus terjaminnya pemenuhan hak anak, papar Andang Teruna, memprogramkan : a. Pemetaan Potensi Organisasi & Lembaga Masyarakat yang berperan dalam Pemberdayaan Perempuan & Anak, b.Peningkatan kapasitas & jaringan kelembagaan, c.Pemberdayaan Perempuan & Anak, dan d.Fasilitasi pengembangan “Pusat Pelayanan terpadu Pemberdayaan Perempuan” (P2TP2). [d14t]

Related Posts

Font
Senin, 30 Januari 2017

Komentar